Testimoni dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti kesaksian.
Jika dilihat dari makna kata, Testimoni memiliki beberapa makna :
- Bentuk pengakuan atas sebuah fakta (kesaksian)
- Bentuk karena adanya kekaguman (tribute)
- Bentuk rekomendasi dari seseorang ke orang lain.
Dalam konteks advertising testimoni adalah konteks / cara mengatakan / kemasan penyampaian. Kemasan penyampaian ini sah-sah saja digunakan oleh produk yang sudah mapan maupun produk yang baru muncul, selama isi / konten / apapun perkataan yang disampaikan relevan dengan keadaan produk. Banyak orang yang memanfaatkan testimoninya dalam memasarkan produknya. Testimoni sangat tidak asing bagi orang-orang yang aktif mengikuti bisnis Online.
Testimoni bermakna kesaksian, pembuktian melalui pengalaman langsung, itu berarti apapun yang disebutkan dalam kesaksian itu adalah sebuah kenyataan yang pernah dialami seseorang. Tentu saja, jauh lebih bernilai daripada pengakuan seseorang atas dirinya sendiri. Ini sangat penting, karena publik mengakui kredibilitas seseorang bukan dari pengakuannya tetapi apa yang ditunjukkannya.
Iklan testimonial dipercaya mempunyai kekuatan yang sangat dahsyat dalam memasarkan suatu produk, jika disampaikan dengan jujur dan memenuhi kaidah-kaidah yang benar.
Mengapa testimoni sangat penting bagi pelaku bisnis online? Hal ini karena:
1. Sarana untuk menumbuhkan kepercayaan bagi calon pembeli
2. Sebagai pembuktian kepada calon customer bahwa toko/usaha online yang dibuat benar adanya.
3. Sebagai sarana untuk melindungi konsumen dari penipuan yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab via online.
4. Untuk memberikan referensi kepada para calon konsumen mengenai kualitas suatu produk yang dijual secara online.
5. Memberikan gambaran pada konsumen tentang tingkat pelayanan penjual.